Sabtu, 27 Februari 2010

ISTILAH GEOGRAFI 1

Hmmmmm ak paling seneng istilah2 di geografi nihhhh...kalian gimana???? asyikkk lho...cobain deh dibaca di mengerti abis tu dpraktekin ke bahasa gaul kalian...
hmmmm
coba ya...
Abu Vulkanis
Tanah yang berasal dari abu gunung berapi ketika gunung api mengeluarkan asap

Aekanis
Pelapukan yang terjadi terhadap batuan akibat tenaga alam ( perubahan suhu )

Aelis
Proses pengangkutan yang dilakukan oleh tenaga angin

Akifer
Air tanah yang terletak antara dua lapiasan batan yang kedap air

Aluvial
Tanah yang terbentuk dari hasil pengakutan dan diendapkan di sepanjang aliran sungai atau di muara sungai

Ambang laut
Dasar laut yang memisahkan dua laut yang dalam

Angin pasat
Angin yang berbah arah sesampai didaerah subtropis karena terpengaruh oleh rotasi bumi ( Hukum Boys Ballot )

An organik
Batuan yang bukan berasal dari makhluk hidup

Antiklorium
Rentetan dari beberapa puncak lipatan pada kulit bumi

Appleton
Lapisan pemantul gelombang suara dan cahaya

Aquatis
Pengakutan yang dilakukan oleh tenaga air

Artesis
Air tanah yang terdpat pada lapisan yang kedap di lembah sinklinal

Busur dalam ( Inner arc )
Jalur pegnungan sirkum mediterania dari Pulau Weh ke Pulau Sumatra ( Pegunungan bukit barisan ), terus ke Jawa dan Pulau lain sampai ke Laut Banda

Citra
Gambar yang terekam oleh kamera atau sensor lainnya

Conform
Bentuk yang digambarkan di atas peta harus sama dengan dilapangan

Cuaca
Keadaan udara pada suatu tempat, wilayahnya sempit, dalam waktu singkat

Delta
Tanah rendah di muara sungai sebagai hasil sedimentasi sungai

Demografi
Ilmu tentang penduduk yang berhubungan dengan jumlah, pertumbuhan, mobilitas dan kemunduran penduduk

Diathermal
Sifat udara yang tidak menyerap panas akan tetapi hanya melewatkannya

Dolina
Sumur atau lubang yang berbentuk corong di daerah kapur

Effusi
Batuan yang membeku di mulut kawah atau kepundan sampai ke kaki gunung

Ekosistem
Masyarakat organisme dan makhluk hidup yang menjadi satu kesatuan sistem

Endogen
Tenaga yang berasal dari dalam bumi yag bersifat membangun kulit bumi

Epirogenetik
Gerakan pembentukan pegunungan akibattarikan tenaga tangensial pada daerah sempit dalam jangka waktu singkat yang enghasilkan patahan dan lipatan

Episentrum
Tempat dipermukaan bumi yang terdekat dengan hiposentrum, disebut juga pusat gempa di permukaan bumi

Equidistance
Jarak yang dibuat diatas peta sebangun dengan yang sesungguhnya di lapangan

Equivalen
Luas daerah yang digambar diatas peta harus sama dengan dilapangan

Essensial
Kebutuhan hidup manusia da makhluk hidup lain yang bersifat mendasar

Fitogeografi
Ilmu tentang fauna atau tumbuhan dilihat dari segi geografi

Foto inframerah
Foto warna asli dengan menggunakan spektrum inframerah

Foto ortokromatik
Foto yang menggunakan saluran spektrum biru hingga sebagian hijau

Foto pangkromatik
Adalah foto dengan menggunakan spektrum tampak mata

Garis lintang
Garis yang sejajar dengan kathulistiwa dan mengelilingi bumi

Garis meridian
Garis yang ditarik dari kutub utara menuju kutub selatan

Geografi desa
Ilmu tentang geografi setempat dan hubungan dengan desa

Geografi ekonomi
Ilmu yang khusus mengkaji kondisi geografi ditinjau dari segi ekonomi

Geografi industri
Ilmu tentang kajian kondisi geografi ditinjau dari sudut kebutuhan industri

Geografi kota
Ilmu tentang geografi setempat dan hubungan dengan kota

Geografi politik
Ilmu yang khusus mengkaji kondisi geografi ditinjau dari sudut politik atau kepentingan negara

Geografi regional
Ilmu yang mempelajari wilayah atau keruangan suatu daerah atau negara

Geografi sosial
Ilmu yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi, dan budaya penduduk

Geologi
Ilmu tentang struktur batuan yang terdapat dalam bumi atau tubuh bumi

Geomorfologi
Ilmu tentang bentang alam atau bentuk- bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk

Geostationer
Ruang antarplanet tempat tidak ditemukan lagi gravitasi bumi

Gondwana
Nama benua di selatan yang diambil dari daratan yang dihuni oleh suku indian, yaitu orang gond

Graben
Tanah yang turun seperti slenk yang bersifat memanjang

Gradian barometrik
Jarak antara dua wilayah yang memiliki tekanan udara yang berbeda

Grafik coin
Seperti lingkaran di mana dibagi atas beberapa bagian yang sama besarnya dengan lingkaran tersebut

Grafik histogram
Suatu grafik yang berbentuk segi empat [bar]

Grafik ogive
Grafik yang khusus digunakan oleh perancang mode

Grafik poligon
Grafik yang dibuat dengan menghubungkan titik- titik tengah tiap interval kelas secara berturut- turut

Hidrologi
Ilmu yang mempelajari tenteng lapisan air yang terdapat di muka bumi berupa air tanah, rawa, sungai, dan danau

Holistik
Mengelola lingkungan yang bersifat menyeluruh sebagai satu
kesatuan

Homoseista
Garis pada peta yang menghubungkan tempat- tempat yang pada saat yang sama mengalami getaran gempa

Horst
Tanah yang naik akibat desakan tenaga tangensial sempit

Hutan lindung
Kawasan hutan yang sengaja dilindungi dan tidak ditebang agar dapat terpelihara kelestarian air, tanah, dan tanaman

Iklim
Gabungan dari unsur- unsur cuaca dalam wilayah yang luas, jangka waktu yang lama sampai ± 30 tahun

Image
Gambaran suatu objek atau suatu perwujudan sebuah foto, peta, dan gambar

Imagery
Gambaran visual tenaga yang direkam dengan menggunakan piranti penginderaan jauh

Inversi
lapisan udara pada bagian atas lebih panas dari lapisan udara bawah

Ionosver
Mengandung partikel ion sebagai pemantul suara dan cahaya. Lapisan ini juga berfungsi sebagai sarana komunikasi

Isobar
Garis khayal yang menghubungkan tempat- tempat yang memiliki tekanan udara yang sama pada peta

Isobath
Garis dalam peta yang menghubungkan tempat- tempat atau titik yang sama kedalaman lautnya. Jadi, dengan adanya garis isobath dapat diketahui/ ditunjukkan relief- relief dasar laut

Isohaline
Garis dalam peta yang menghubungkan semua tempat di lautan yang yang mempunyai kadar garam yang sama

Isohyet
Garis dalam peta yang menghubungkan tempat- tempat yamg mempunyai jumlah curah hujan yang sama selama suatu periode tertentu

Isoseista
Adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat- tempat yang sama keras getaran gempanya

Isotherm- isoterm
Garis dalam peta cuaca yang menhubungkan tempat- tempat yang mempunyai temperatur rata- rata yang sama pada suatu periode waktu tertentu; temperatur tersebut biasanya dikurangi menjadi temperatur muka laut untuk menghindarkan perbedaan- perbedaan altitude

Juvenil
Air tanah yang berasal dari pendinginan magma yang keluar melalui retakan batuan

Kapiler
Air tanah yang terdapat pada lapisan yang jenuh air di daerah peralihan

Kartograf
Ahli dalam bidang pemetaan

Klimatologi
Ilmu tentang iklim dan pengaruhnya terhadap kehidupan di muka bumi

Konduksi
Pemberian panas oleh benda yang lebih panas kepada benda yang kurang panas, sehingga panas keduanya menjadi sama

Konservasi lingkungan
Usaha yang bertujuan untuk memelihara lingkungan, termasuk penghematan dan pengawasan lingkungan

Kontraksi
Teori tentang kejadian bumi akibat penyusutan/ pendinginan pada kulit bumi

Konvensi
Satuan yang digunakan dalam tekanan udara

Korok [ batuan beku gang ]
Batuan yang membeku di sepanjang pipa kawah

Laterit
Pengaruh panas matahari, air, dan pengaturan tanaman yang kurang tepat sehingga tanah menjadi tandus

Lingkungan hidup
Ruang tempat di muka bumi yang didiami secara bersama oleh makhluk hudup dan benda yang tidak hidup

Lipatan
Pergerakan kulit bumi secara horizontal ke satu arah sehingga terjadi lekukan pada permukaan bumi

Litosfer
Lapisan kerak bumi yang terluar, yang terdiri atas batuan

Lubuk laut
Dasar laut yang bulat cekung seperti jambangan, lebar tetapi dalam

Makroseisme
Adalah daerah episentrum yang terhebat menderita kerusakan

Malihan
Batuan yang mengalami pengendapan [ sedimen ] setelah diangkut oleh air, angin, es, dan sebagainya

Marine
Pengendapan tanah yang terjadi di pantai atau di dasar laut

Mekanis
Pelapukan yang terjadi terhadap batuan akibat tenaga alam [ perubahan suhu ]

Mesosfer
Lapisan yang melindungi bumi dari serangan meteor

Metamorf
Batuan yang berubah wujud, warna, dan sifatnya akibat tekanan,panas, dan dalam jangka waktu yang lama

Meteorologi
Ilmu yang mempelajari tentang cuaca serta pengaruhnya terhadap muka bumi

Mikroseisme
Adalah getaran kulit bumi yang amat halus. Getarannya tidak terasa kecuali oleh seismograf [ alat pencatat getaran gempa ]

Organik
Batuan yang berasal dari makhluk hidup

Oseanografi
Adalah ilmu yang mempelajari tentang laut berupa sifat air, gerakan, unsur yang dikandung, kedalaman, dan sebagainya

Palung laut
Dasar laut yang dalam dan sempit akibat ingresi dasar laut

Pangea
Keseluruhan dari bumi yang merupakan kerak bumi pembentuk muka bumi

Pasang surut
Teori tentang kejadian bumi yang terbentuk akibat tabrakan matahari dengan sebuah bintang dan menarik keluar sebagian gas matahari

Patahan
Rapuhnya kerak bumi akibat pergeseran batuan yang retak

Pembangunan berwawasan lingkungan
Melaksanakan pembangunan dengan memperhatikan lingkungan dengan proses yang berkesinambungan serta peningkatan mutu sumber daya alam

Pengindraan jauh atau remote sensing
Ilmu dan senc untuk mempelajari informasi obyek untuk memperoleh informasi obyek dengan menggunakan sensor

Peta korografi
Peta berskala sedang dengan wilayah yang luas

Peta tematik
Peta yang menggambarkan kenampakan tertentu [ khusus ] dari muka bumi

Peta topografi
Peta yang menggambarkan tinggi rendah permukaan dengan menggunakan skala besar

Plato
Dataran tinggi yang bagian atasnya datar karena terdapat lapisan batuan horizontal

Pleistoseista
Ialah daerah yang dibatasi oleh isoseista. Daerah ini berada di sekitar episentrum yang paling banyak mendapat kerusakan. Pleistoseista dapat juga berarti garis khayal yang membatasi tempat yang episentrumnya mengalami kerusakan terhebat akibat gempa

Plutonik
Batuan yang membeku di daerah dapur magma, disebut juga batuan beku dalam

Podzolik
Tanah yang mengalami laterisasi lemah akibat suhu rendah dan hujan yang banyak sehingga pembentukan tanah tidak sempurna

Preatis
Air tanah yang terdapat dalam lapisan batuan yang porous

Reboisasi
Menanam kembali tanah yang hutannya sudah gundul

Rehabilitasi
Memperbaiki kembali hutan dan tanah yang telah mengalami kerusakan

Relief
Bagian dari permukaan bumi dalam bentuk tinggi dan rendah, di darat dan di dasar laut

Resolusi spasial
Kemampuan sensor untuk menyajikan gambar objek terkecil

Sensor
Alat pengindraan jauh berupa kamera, biasanya dipasang pada wahana

Sensor elektronik
Proses perekaman dengan pita magnetik atau detektor yang bukan film

Sensor fotografik
Proses perekaman dengan bahan kimia dengan merekam tenaga elektromagnetik pada emulsi film

Sial [ silsium aluminium ]
Lapisan yang terluar dari kulit bumi kita yang ketebalannya sekitar 60 km

Siklus
Perjalanan air ke udara melalui penguapan dan turun kembali sebagai hujan, airnya mengalir di permukaan tanah dan kembali ke laut

Sima [ silisium magnesium ]
Lapisan kerak bumi, seperti sial, atau bagian dari litosfer dengan ketebalan sekitar 1.140 km

Sinklorium
Rentetan dari beberapa buah lembah lipatan pada kulit bumi

Slenk
Tanah yang turun sempit akibat tarikan tenaga tangensial kerak bumi

Stalagmit
Batuan kapur yang menonjol di dasar gua kapur

Stalaktif
Batuan kapur yang menggantung di atap gua hasil pelapukan kimiawi

Stratosfer
Lapisan kedua berada pada bagian bawah atmosfer mengandung ozon pelindung bumi dari ultraviolet matahari

Sungai bawah tanah
Aliran air yang menembus batuan kapur yang terdapat di dalam tanah

Sungai epigenesis
Sungai yang mengalami pengikisan sehingga lapisan keras terpotong tanpa terjadi perubahan arah arus sungai

Sungai imposed
Aliran sungai pada sedimen dasar sehingga menutupi batuan di bawahnya

Sungai insekuen
Pengaliran sungai yang tidak terikat kemiringan lereng

Sungai konsekuen
Sungai yang mengalir searah kemiringan lereng

Sungai obsekuen
Sungai yang pengalirannya berlawanan dengan sungai konsekuen

Sungai periodik
Sungai di musim hujan yang airnya banyak bahkan bajir di musim kemarau

Sungai permanen
Sungai yang volume airnya relatif tetap sepanjang tahun

Sungai resekuen
Anak sungai yang pengelirannya searah dengan sungai konsekuen

Sungai subsekuen
Anak sungai yang pengalirannya tegak lurus terhadap sungai konsekuen

Tabulasi
Menyusun data kedalam bentuk tabel – tabel

Tektonik
Tenaga dari dalam bumi yang mengakibatkan terjadinya perubahan dan pergeseran letak batuan, baik secara vertikal maupun horizontal

Teristris
Pengendapan tanah yang terdapat di daratan

Therme
Sumber air yang suhunya lebih tinggi dari batuan di sekitarnya

Travertin
Air tanah di pegunungan kars dimana sebagian dari tanah gamping di daerah kapur terurai dan melarut keluar permukaan bumi, kemudian mengendap pada batuan dan tangkai – tangkai

Troposfer
Lapisan terbawah dari atmosfer tempat berlangsungnya seluruh peristiwa cuaca dan iklim

Vados
Air tanah yang berasal dari air hujan

Wahana
Alat yang digunakan untuk pengindraan jauh, berupa pesawat, balon, layang – layang, atau satelit

Zoogeografi
Ilmu yang khusus mengkaji hewan dan persebarannya

8 komentar:

  1. bagus ne isinya

    BalasHapus
  2. andre yuniarsa6 April 2010 01.06

    bagus bangeut !!!!!!!

    BalasHapus
  3. maaph,,,mow coment,,,,
    kurang lengkap
    maaph,,ya
    :)

    BalasHapus
  4. huh...tmbahin dkit lgi mbak

    BalasHapus
  5. OoN koK gak Bersukur banget sih,lau mau lebih lengkap buatja artikel sendiri,

    BalasHapus
  6. Kok gak ada Hiposentrumnya yah ?

    BalasHapus
  7. ha...ha..ha..ha..

    BalasHapus